RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 3.3
RANCANGAN AKSI
NYATA (PROGRAM GALI WAWASAN PENGETAHUAN)
MODUL 3.3
(PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID)
A.
PERISTIWA (FACT)
Masa pandemi covid 19 sangat
berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah hal tersebut terkait
pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga pengawasan dan
pengarahan yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang
efektif. Berdasarkan hal yang dialami tersebut sangat berpengaruh pada
pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan
mengalami penurunan dikarenakan beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut
salah satunya adalah Siswa lebih Ih suka menggunakan handphone untuk
kepentingan hiburan daripada kepentingan pembelajaran sehingga tertariknya siswa
menggunakan handphone setiap hari sangat mempengaruhi cara belajar siswa yang
berpengaruh terhadap rendahnya pengetahuan siswa. Siswa lebih tertarik
menggunakan handphone dimulai pada saat pembelajaran daring dilakukan
dikarenakan pengawasan yang kurang siswa kurang efektif mengikuti pembelajaran
akan tetapi menggunakan handphone yang diberikan oleh orangtuanya untuk
pembelajaran digunakan untuk bermain game sehingga siswa tidak mengikuti
pembelajaran dengan baik.
Oleh karena itu sebagai guru
saya tidak membiarkan kejadian tersebut berlarut-larut akan tetapi saya ingin
kembali membangkitkan semangat siswa untuk belajar dengan membuat Salah satu
program yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan siswa, Adapun nama
program yang akan saya buat adalah program gali wawasan pengetahuan. Program
ini adalah program di mana siswa memberikan pertanyaan kepada siswa yang
lainnya untuk dijawab dan siswa yang memberikan pertanyaan menyimpan kunci
jawaban dari pertanyaan yang diberikannya. Dengan menjalankan program ini
diharapkan wawasan siswa akan bertambah serta semangat dan keberanian siswa
dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh temannya juga akan mempengaruhi
minat siswa dalam proses pembelajaran.
Sebelum program gali wawasan
pengetahuan ini menjadi program di sekolah maka saya mencoba program ini
terlebih dahulu pada kelas yang saya ajar yaitu siswa kelas 4. Jika program ini
berhasil dan mempengaruhi peningkatan pada pengetahuan siswa maka program ini
akan saya imbas kan kepada kelas lainnya, dimana program ini dilaksanakan pada
jenjang kelas awal dan kelas tinggi.
Pada saat saya berdiskusi
dengan siswa kelas 4 untuk menjalankan program ini saya memberikan kebebasan
kepada siswa dalam menyuarakan Keinginan mereka terkait mata pelajaran apa saja
yang akan dikaitkan dengan pertanyaan yang akan dibuat oleh siswa serta siswa
juga diberikan kebebasan untuk memilih teknik pelaksanaan menjalankan program
yang telah dibuat oleh guru dan siswa (Voice and Choice Student). Untuk
ownership student atau kepemilikan siswa, siswa diberi kebebasan untuk
sepenuhnya menjalankan program dari wawasan pengetahuan tersebut di mana siswa
yang memberikan pertanyaan kepada siswa lainnya yang dijalankan secara estafet
dan bergiliran setiap harinya. Setiap harinya siswa menjadwalkan bahwa
pertanyaan hanya diberikan oleh 5 orang siswa saja dan begitu seterusnya.
Walaupun di awal pembuatan
program dari wawasan pengetahuan tersebut membuat sebagian besar siswa bingung
sehingga dalam memberikan kebebasan untuk bersuara, memilih dan kepemilikan
siswa belum berjalan secara maksimal sehingga guru masih banyak memberikan
pengarahan terhadap program yang akan dijalankan. Adapun pelaksanaan program
Galih wawasan pengetahuan telah saya lakukan dapat dilihat pada channel YouTube
dengan memilih Link yang saya tampilkan berikut https://youtu.be/m5cWhpM9YhY . Adapun dokumentasi dari hasil dari pelaksanaan
program gali wawasan pengetahuan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

B. PERASAAN
(FEELING)
Perasaan saya setelah menjalankan aksi nyata sangat bahagia dikarenakan selain saya mengetahui bahwa saya memiliki potensi untuk membuat suatu program yang menarik di kelas saya, dengan program yang saya buat ternyata siswa juga bersemangat untuk menjalankan program yang dibuat tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa program yang saya buat berpengaruh positif terhadap saya dan siswa yang saya ajar.
Pembelajaran
yang saya peroleh dari program yang tersebut adalah bahwa tidak selamanya
program yang kita inginkan itu berjalan dengan baik, seperti di awal saya
menjalankan program saya itu program gali wawasan pengetahuan siswa, siswa di
kelas saya bingung dan terlihat kurang paham untuk menjalankan program tersebut.
Akan tetapi kegagalan tersebut tidak membuat saya menyerah namun saya lebih
semangat untuk menjelaskan kepada siswa bahwa program tersebut akan berdampak
positif pada mereka sehingga dengan menjalankan program tersebut pengetahuan
mereka akan bertambah setiap harinya sehingga mereka paham dan program itu
berjalan sampai sekarang.
Setelah
program ini berjalan baik di kelas saya, saya memiliki rencana positif
kedepannya bahwa program ini akan saya imbaskan kepada setiap guru yang ada di
sekolah saya dan guru kelas menjalankan program tersebut di kelasnya
masing-masing sehingga jika terlihat keberhasilan dalam menjalankan program ini,
maka program ini akan dikembangkan dengan menjalankan program tersebut setiap
pagi sebelum masuk kelas yang dibagi antara kelas awal dan kelas tinggi dimana
masing-masing jenjang menjalankan program dikarenakan tingkat pengetahuan dan
materi pelajaran yang hamper sama dengan tujuan agar siswa-siswa di sekolah
saya lebih memahami banyak pengetahuan dari siswa lain dikarenakan banyaknya
siswa yang memberikan pertanyaan.

.jpeg)

.jpeg)
Komentar
Posting Komentar