RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 3.3

RANCANGAN AKSI NYATA (PROGRAM GALI WAWASAN PENGETAHUAN)

MODUL 3.3 (PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID)

 

A.    PERISTIWA (FACT)

Masa pandemi covid 19 sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa di sekolah hal tersebut terkait pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga pengawasan dan pengarahan yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang efektif. Berdasarkan hal yang dialami tersebut sangat berpengaruh pada pengetahuan siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan mengalami penurunan dikarenakan beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya adalah Siswa lebih Ih suka menggunakan handphone untuk kepentingan hiburan daripada kepentingan pembelajaran sehingga tertariknya siswa menggunakan handphone setiap hari sangat mempengaruhi cara belajar siswa yang berpengaruh terhadap rendahnya pengetahuan siswa. Siswa lebih tertarik menggunakan handphone dimulai pada saat pembelajaran daring dilakukan dikarenakan pengawasan yang kurang siswa kurang efektif mengikuti pembelajaran akan tetapi menggunakan handphone yang diberikan oleh orangtuanya untuk pembelajaran digunakan untuk bermain game sehingga siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik.

Oleh karena itu sebagai guru saya tidak membiarkan kejadian tersebut berlarut-larut akan tetapi saya ingin kembali membangkitkan semangat siswa untuk belajar dengan membuat Salah satu program yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan siswa, Adapun nama program yang akan saya buat adalah program gali wawasan pengetahuan. Program ini adalah program di mana siswa memberikan pertanyaan kepada siswa yang lainnya untuk dijawab dan siswa yang memberikan pertanyaan menyimpan kunci jawaban dari pertanyaan yang diberikannya. Dengan menjalankan program ini diharapkan wawasan siswa akan bertambah serta semangat dan keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh temannya juga akan mempengaruhi minat siswa dalam proses pembelajaran.

Sebelum program gali wawasan pengetahuan ini menjadi program di sekolah maka saya mencoba program ini terlebih dahulu pada kelas yang saya ajar yaitu siswa kelas 4. Jika program ini berhasil dan mempengaruhi peningkatan pada pengetahuan siswa maka program ini akan saya imbas kan kepada kelas lainnya, dimana program ini dilaksanakan pada jenjang kelas awal dan kelas tinggi.

Pada saat saya berdiskusi dengan siswa kelas 4 untuk menjalankan program ini saya memberikan kebebasan kepada siswa dalam menyuarakan Keinginan mereka terkait mata pelajaran apa saja yang akan dikaitkan dengan pertanyaan yang akan dibuat oleh siswa serta siswa juga diberikan kebebasan untuk memilih teknik pelaksanaan menjalankan program yang telah dibuat oleh guru dan siswa (Voice and Choice Student). Untuk ownership student atau kepemilikan siswa, siswa diberi kebebasan untuk sepenuhnya menjalankan program dari wawasan pengetahuan tersebut di mana siswa yang memberikan pertanyaan kepada siswa lainnya yang dijalankan secara estafet dan bergiliran setiap harinya. Setiap harinya siswa menjadwalkan bahwa pertanyaan hanya diberikan oleh 5 orang siswa saja dan begitu seterusnya.

Walaupun di awal pembuatan program dari wawasan pengetahuan tersebut membuat sebagian besar siswa bingung sehingga dalam memberikan kebebasan untuk bersuara, memilih dan kepemilikan siswa belum berjalan secara maksimal sehingga guru masih banyak memberikan pengarahan terhadap program yang akan dijalankan. Adapun pelaksanaan program Galih wawasan pengetahuan telah saya lakukan dapat dilihat pada channel YouTube dengan memilih Link yang saya tampilkan berikut https://youtu.be/m5cWhpM9YhY . Adapun dokumentasi dari hasil dari pelaksanaan program gali wawasan pengetahuan dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


  

 


 

B.     PERASAAN (FEELING)

Perasaan saya setelah menjalankan aksi nyata sangat bahagia dikarenakan selain saya mengetahui bahwa saya memiliki potensi untuk membuat suatu program yang menarik di kelas saya, dengan program yang saya buat ternyata siswa juga bersemangat untuk menjalankan program yang dibuat tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa program yang saya buat berpengaruh positif terhadap saya dan siswa yang saya ajar.

 C.    PEMBELAJARAN (FINDING)

Pembelajaran yang saya peroleh dari program yang tersebut adalah bahwa tidak selamanya program yang kita inginkan itu berjalan dengan baik, seperti di awal saya menjalankan program saya itu program gali wawasan pengetahuan siswa, siswa di kelas saya bingung dan terlihat kurang paham untuk menjalankan program tersebut. Akan tetapi kegagalan tersebut tidak membuat saya menyerah namun saya lebih semangat untuk menjelaskan kepada siswa bahwa program tersebut akan berdampak positif pada mereka sehingga dengan menjalankan program tersebut pengetahuan mereka akan bertambah setiap harinya sehingga mereka paham dan program itu berjalan sampai sekarang.

 D.    PENERAPAN KE DEPAN (FUTURE)

Setelah program ini berjalan baik di kelas saya, saya memiliki rencana positif kedepannya bahwa program ini akan saya imbaskan kepada setiap guru yang ada di sekolah saya dan guru kelas menjalankan program tersebut di kelasnya masing-masing sehingga jika terlihat keberhasilan dalam menjalankan program ini, maka program ini akan dikembangkan dengan menjalankan program tersebut setiap pagi sebelum masuk kelas yang dibagi antara kelas awal dan kelas tinggi dimana masing-masing jenjang menjalankan program dikarenakan tingkat pengetahuan dan materi pelajaran yang hamper sama dengan tujuan agar siswa-siswa di sekolah saya lebih memahami banyak pengetahuan dari siswa lain dikarenakan banyaknya siswa yang memberikan pertanyaan.

 


Komentar