1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

 

1.      Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Yang saya percaya tentang siswa dan pembelajaran dikelas yang saya lakukan sebelum mempelajari modul ini adalah saya percaya bahwa guru mewajibkan setiap siswanya untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru walaupun siswa tersebut memiliki kemampuan kemampuan di bawah rata-rata dan saya juga percaya bahwa setiap siswa pasti memahami materi yang saya ajarkan. Kemudian saya juga mempercayai strategi pembelajaran yang yang saya gunakan sudah sangat sesuai tanpa mempertimbangkan keadaan di kelas dan kemampuan siswa yang saya ajar.

2.      Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 

Setelah mempelajari modul modul 1.1 ini pemikiran saya tentang siswa dan pembelajaran di kelas itu sangat berubah di mana saya berpikir bahwa dalam memberikan materi kepada siswa kita tidak seharusnya memaksakan atau menyamaratakan kemampuan siswa yang ada di kelas akan tetapi kita harus mampu menyesuaikan keadaan di kelas kita agar pembelajaran lebih efektif tanpa mengabaikan atau kurang membimbing siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata dalam artian di dalam kelas tidak seharusnya guru hanya fokus pada siswa yang pintar sehingga siswa yang kurang pintar merasa kurang diperhatikan maka dari itu Setelah mempelajari modul ini saya sebagai guru harus mampu menyeimbangkan seluruh keadaan di kelas yang saya ajar.

3.      Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?  

Yang bisa saya terapkan dari pemikiran KHD ini adalah saya memberikan kebebasan dalam artian memerdekakan siswa dalam mengikuti pembelajaran saya di kelas seperti contoh ketika ada siswa yang tidak paham akan materi yang saya ajar, saya lebih banyak membimbing siswa agar bisa memecahkan soal-soal yang saya berikan kemudian hal yang paling penting adalah saya sebagai pengajar lebih mendorong siswa tersebut agar semangat mengikuti pembelajaran yang saya berikan (Turi Handayani). Adapun dorongan yang saya berikan adalah dengan menggunakan teknologi seperti aplikasi quizizz yang menarik perhatian siswa untuk menjawab soal-soal yang saya berikan, hal tersebut saya lakukan dikarenakan pada zaman sekarang siswa itu lebih tertarik menggunakan telepon genggam yang berbentuk Android maka dari itu saya menggunakan handphone Android dalam kegiatan pembelajaran.

Komentar

Posting Komentar